Kamis, 13 November 2008

3G Kikis kesenjangan konektivitas

Memaksimalkan 3G

JAKARTA - Qualcomm berhasil mengembangkan sebuah alternatif PC baru agar akses Internet nirkabel berkecepatan tinggi lebih banyak tersedia dan lebih terjangkau di pasar negara-negara berkembang.

"Inovasi nyata jaringan 3G berarti bahwa nirkabel adalah jawaban untuk akses Internet bagi pasar di seluruh dunia, khususnya di negara-negara berkembang. Alternatif Kayak PC adalah contoh baik bagaimana Qualcomm meningkatkan komputasi dengan jaringan broadband nirkabel untuk membantu mengantarkan kawasan-kawasan baru di dunia ke dalam komunitas online global untuk pertama kalinya," ujar Luis Pineda, senior vice president of marketing and product management, Qualcomm CDMA Technologies, melalui keterangan resminya, Kamis (13/11/2008).

Piranti ini akan memungkinkan pengguna di negara-negara berkembang untuk bisa terhubung dengan internet tanpa harus terkoneksi dengan komputer. Hanya dengan sebuah monitor yang terhubung ke Kayak maka pengguna dapat langsung mengakses internet. Desain Kayak pun dibuat sedemikian rupa dengan kombinasi modem Qualcomm dan chip ponsel. Kedua teknologi ini dibenamkan dalam gadget portabel, sehingga fungsinya mirip dengan telepon atau koneksi kabel di PC.

Alternatif Kayak PC meningkatkan ketersediaan broadband nirkabel 3G untuk menghadirkan koneksi Internet ke pasar di mana Internet dengan kabel sulit untuk diakses atau harganya tidak terjangkau. Alternatif Kayak PC mengisi celah di antara desktop PC, yang biasanya membutuhkan saluran kabel atau aksesoris terpisah lainnya untuk tersambung ke Internet, dan piranti Internet nirkabel.

Teknologi yang terdapat dalam perangkat ini meliputi reference design dan spesifikasi piranti lunak yang direkomendasikan, yang akan tersedia bagi manufaktur piranti. Manufaktur dapat merancang beragam piranti berdasarkan reference design dari Kayak yang memanfaatkan integrasi tingkat tinggi, konektivitas yang menyatu dan fungsionalitas yang menyeluruh.

Kayak reference design menggunakan dual-core Mobile Station Modem (MSM) MSM7xxx-series chipset Qualcomm untuk menghadirkan komputasi dan konektivitas. Piranti berdasarkan Kayak reference design menawarkan browser Web 2.0 dengan fitur lengkap dari Opera Software yang dapat berfungsi pada resolusi desktop, akses melalui browser ke aplikasi produktivitas Web 2.0, mendukung baik television set dan monitor komputer untuk digunakan sebagai display dan/atau untuk built-in display, kompatibilitas dengan keyboard dan mouse standar untuk input, fungsi music player dan 3D gaming console.

Di masa depan, perangkat berbasis Kayak komersial juga akan diperkokoh dengan solusi Snapdragon. Unit alternatif Kayak PC perdana, yang diproduksi oleh Inventec Corporation yang berbasis di Taiwan, akan digunakan untuk mengawali uji coba oleh pengguna pada kuartal pertama 2009 di Asia Tenggara baik pada jaringan CDMA2000 dan WCDMA (UMTS). (//srn)

Tidak ada komentar: